3.11.13

Pilah Pilih Botol Susu

Posted by desieria at 3:07 PM
Sebel deh sama iklan botol susu ina inu segala merk. Klaimnya pasti: "Di desain sangat mirip puting Ibu..."

Ditambah begini: "aliran susu semirip proses menyusui"

Kabeh weee klaim begono. Baaaah, mana mana buktinya? Bikin penggalauan milih botol susu aja deh x_x

Beruntung deh mommies yang bayinya enggak rewel milih botol susu, dikasi apa aja langsung lep. Tiap temen yang ditanya pasti komen putra putrinya:

"Alhamdulillah, mau ko pake tommee tippee dan ga bingung puting"

"Mau kok pake dr. Brown"

"Ini dikasih avent mau dan cocok kok"

"Ga masalah kok pake pigeon"

Seneng banget deh dengernya cocok apa aja begitu. Sayangnya itu ga berlaku buat Shazia, milih botol susu aja penuh lika liku :p Mirip siapa sih nak, kamu rewel begini :)) (emaknya senyum aje :D ).

1. Sendok Boon Squirt

Mula-mula mau jadi emak (sok) idealis yang ga mau ngasih ASIP ke Shazia pake dot/botol susu. Yuuu mari kita coba pake sendok. Berhubung ga punya sendok plastik PP yang bisa di steril, untungnya udah beli Boon Squirt, jadi mari kita coba kasi ASIPnya. Hasilnya? GAGAL hmmmmm :) Shazia nangis kejer dikasih ASIP dari sendok. Emang ga cocok juga sih ya pake Boon gini, ASIPnya ngalir gampang soalnya, emang kan didesainnya buat ngasih jus gitu nih sendok haha....


2. Botol Susu Medela Calma


Berhuung dapet gratisan dari pas beli Medela Swing ya sayang kan yah kalo misal ga dipake. Yo wes dicobain deh ke Shazia. Hasilnya? GAGAL maning hiks...

Padahal aku coba terapin 3 hari nyobain loh, dari Shazia masih masih berambut begini...



sampai shazia botak begini huehehe...Anaknya tetep ga mau pake Calma.


Susah banget Shazia nyedotnya. Padahal Calma kan bagus ya, bikin bayi nyedot kaya ke PD langsung 'butuh usaha'. Kalo dot lain kan dibalikin aja posisinya ada ngalir sendirinya kan. Tapi emang terlalu susah sih, jangankan Shazia, aku cobain sedot sendiri, susah juga x_x

3. Botol Susu Dr. Br*wn

Pertama kali beli ini, karena tertarik banget sama keunggulannya yang katanya: udara ga masuk, sehingga mencegah kholik, kemudian bisa mempertahankan vitamin dalam ASI. Wooo, kan bagus ya, siapa yang ga tertarik. Alhasil beli langsung sepaket 3 pcs.

Terus pas dikasih ke Shazia? Shazia sukses nolak x_x Ada sih pernah Shazia mau, tapinya cuma sesekali aja. Mungkin karena laper banget. Ga konsisten mau dan abis ASIPnya :(



4. Medela Cup Feeder

Oke, yang ini kembali pada keinginan mau (sok) jadi mama idealis. Ga mau kasi botol susu. Mari kita coba pake cup feeder. Eng ing eng, enggak mau juga ni bayi ... Nangis dan kesusahan Shazianya yang ngasihnya juga keteteran yang ada ASIP beleberan kemana-mana.


Langsung deh hopeless mau pake apalagi iniii buat ngasih ASIP? Mana waktu itu kerja udah tinggal bentar lagi, mepet sangat hiks...

Banyak temen yang nyaranin pake tommee tippee, avent, ato pigeon mag-mag. Agak bingung mau pilih yang mana. Akhirnya saking hopeless meluncur ke Mae Bebe Bintaro sendirian naek angkot, sambil latihan ninggalin Shazia. Sampe sana langsung cari tommee tippee tapi lagi kosong yang ukuran 150 ml, akhirnya pulang-pulang beli Avent sama Pigeon Peristaltik Plus. Apaan ya ini si Pigeon? Ga pernah denger deh, asal comot aja saking bingungnya, tapi emang dia nipplenya itu imut sih ya yowes beli aja.

Awalnya bingung mau cobain avent dulu ato ni Pigeon. Tapi ah avent belakangan aja, palingan cocoknya pake avent deh. Kayanya si Pigeon bakal sukses ditolak.

5. Pigeon Peristaltik Plus

Pas dicobain ke Shazia? Langsung lahaaaap hap hap hap...Ya Allah seneng banget deh... Dicobain berulang kali responnya tetep sama, shazia mau dan lancar mik ASIPnya :) Fyuuuh, akhirnya pencarian pun berakhir sudah.

Pipinya kembung tanda lagi nyedot

Ngeliatin omah yang ngasih ASIP

Setelah stok beberapa botol Pigeon Peristaltik Plus ini, syukurlah akhirnya menyadari hikmahnya kenapa kudu pake botol ini: hemat cyiiiiiiiiiinnnn huahaha :p Shazia pinter banget deh pengertian sama mama papa cup cup :* :* :*



Jadi moral ceritanya :

1. Jangan kemakan iklan : mirip payudara Ibu 
Semua botol bayi pasti klaim didesain mirip payudara Ibu, mirip proses menyususi sehingga tidak bingung puting bla bla bla...

Tapi inget, yang dimiripin Payudara siapa? Ga semua Ibu bentuk PDnya sama. Lihat seksama PD kita, nipple-nya gimana, cari yang semirip mungkin. Shazia mau Pigeon Peristaltik Plus ini, setelah kuperhatikan emang paling mirip: wide neck, sama sama aerola nya lebar dan nipple-nya berujung mungil mirip :p

2. Jangan beli botol susu langsung banyak. 
Kalo belum yakin bayinya mau ato enggak, beli aja dulu tiap merk 1, misal tomtip 1, avent 1, pigeon 1, etc. Jadi ga mubazir kalo bayinya ga mau (kaya akuh x_x)

3. Pikirkan faktor kepraktisan
Aku yakin deh, ga cocok pake dr. Brown itu soalnya Allah tau aku orangnya pemalas :p Booo, kalo nyuci botol dr. Brown printilannya banyak dan ribet x_x Jadi kalo sekiranya pemalesan pilih botol susu yang printilannya ga banyak jadi cuci sterilnya gampang :p

4. Ajarin mik ASIP dari jauh hari sebelum kerja
Jadi kalo bayinya masih nolak botol yang dikasih-in masih ada waktu buat gonta ganti botol susu merk lain.

5. Pikirkan faktor ekonomi (baca: uang)
Karena stok botol susu ga mungkin kan cuma 1-2 botol? Aku aja stok sampe 7 botol, biar si mba kasian ga perlu cuci steril berulang/gantian, tapi dari pagi udah siap botol untuk sehari minum. Praktis tis. Kan kasian juga si Mba cape pegang Shazia kalo kudu sibuk cuci steril botol.

Untung cocoknya sama Pigeon Peristaltik Plus ini, harganya cuma IDR 56rb, kali 7 juga masih belum terlalu berat. Kebayang ga kalo kudu stok Medela Calma 7 biji dan 1 pcsnya 250rb? hahaha tak sanggup kudu invest 1750rb cuma buat botol susu? x_x Dr. Brown juga sama isi 3 220, jadi kalo stok 7 pcs sampe 500ribuan deh.

Next abis Shazia maem mari kita cobain ngajarin shazia mik dari gelas biar ga tergantung sama botol susu :D

16 comments:

@manda said...

Untung Khalif mau aja pake pigeon yang biasa, kado pulak, ahahahaha..
Tapi abis itu ada beli lagi juga sih bwt ganti2.. :P
Pernah gw ksi coba botol+nipple avent yg bawaan bli breastpump eh emoh bocahnya..
Emang paling hepi kalo anak mau barang yang gak bikin kantong jebol y mak, hueheuheuheu.. :D

desieria said...

Iiih khalif pinter banget enggak rewel dan pilih pilih...
Huahaha iya bener bgt manda rasanya nyes plong banget cocok sama si pigeon ini, emang juara deh, murah meriah pula :)

Rere said...

Pinternya Shazia ^^

Farrell juga pake pigeon peristaltic yang biasa mau-mau aja. Hemat pulak. Hihihihi

Fenti Rahmawati Faisal said...

Kalo ke itck pasti ditawarinnya merk S*mba "bagus loh ini, gak bikin kembung bayi, mirip puting ibu, bla bla bla..."
Ke 2 toko sama promosinya. Kayaknya itu produk sponsor yaa? Kmrn ke itck lg saking bingungnya pilih botol, akhornya g jadi beliiii hahahahahaa.
Iyadeh mau coba pigeon dulu aja ah :D

desieria said...

@Rere: Toss pengguna pigeon sama Farrel, hemat ya :D

@Fenti: oooh gitu? Wah bener kayanya sponsor kali hihi...Lah udah jauh2 ke itcK masa ga belanja? Pasti yg belanja emaknya ya? :p

Thane said...

Gemma pake botol Medela biasa yg bawaan Medela Swing, alhamdulillah langsung mau. Dikasih Tomtip bonus dari sterilizer malah nggak mau. Hehe, tricky ya urusan botol. Tiap bayi gak bisa digeneralisir.

desieria said...

Wah gemma pinter nih, cocok sama medela calma..Iya thane, botol susu aja Shazia drama bgt deh hihi

corat coret ku said...

Skrg dek shazia nya ttp mau nyusu bunda gak mbak?? Trs produksi asi nya bunda ttp lancar apa berkurang?? Soalnya waktu kerjaku tinggal minggu depan dan anakku ttp gak mau pake dot.. dan mau gugling dot malah nemu artikel dr aimi klo pemberian asip lewat dot malah bikin produksi asi berkurang.. hwaaaaa tmbah galaauuuuu...

Bunda Nabila said...

Walah, rempong ternyata ya nyari dot yg cocok. Bln lalu sempet nyobain pake medela calma hadiah dr breastpump-nya, alhamdulillah dua kali ngasih k nabila dy mau, tenang drh, tinggal nyetok asip banyak2. Tp di luar perkiraan, pas mo ngetes bakal habis brp botol asip sehari, nabila nangis ngejer begitu dikasih calmanya, hiks hiks galauu.. padahal minggu depan udh musti masuk kerja..

Bunda Nabila said...

Waaa.. galau juga gara2 dot..
Pas beli breastpump medela, disempetin iseng ngasih asip ke nabila pake calma, alhamdulillah dua kali nyoba, nabila mau, lancar mimiknya. Tenang deh, tinggal rajin2 mompa aja. Eh, pas pengen tau sehari bs abia brp botol, nabila nangis ngejer begitu dikasih calma.. hiks hiks galauuu.. mana minggu depan udh musti masuk kantor.. T-T

Mutia Aguspita said...

Anak aq Hafiya 1 bulan 22 hari udh diajarin pake dot dari usia 3 mgg... oke bgt langsung bisa pake merk s*mba itu yg lg gencar2nya promo, langsung beli 3 dan diterima. Tp usia 1 bln 1 mgg dia bingung puting dan sukses bikin bunda dan neneknya galau. Lg nyari cup feeder dan sejenisnya yg bisa diterima, sendok dan cup feeder medela sukses ditolak...

rhierie melody said...

Wah untung nemu blog ini... Anakku jg gak mau pakai dot... Tp pas pakai pigeon dia mau... Walaupun mesti di training selama seminggu... Hehheee thx yaaa ^_^

shinta said...

Mba, baby nya gak bingung puting kah klo pke dot?

violetya said...

Waaahhh... murmer yaa pake pigeon peristaltic
Bayi emang beda beda ya mba
Dua kakak Aisha paje tommeetippee lancar jaya. Ini aisha nolak lak lak... huhuuuu
Baiklah, dicoba deh botol pigeon peristalticnya sambil berdoa...bismillah...

-n- said...

Aku medela calma sampe punya 3 lho mbak, hahaha. 1 dapet dr pembelian medela harmony. 2-nya lagi beli terpisah, 100-150/each. Mihil ya sis, qiqiqi. Ini mo nyobain pigeon peristaltic plus. Sapa tau bs dipake ganti2 sama calma.

jelita andjeli said...

Saran yang sangt membantu skli mbak.. hari masuk kerja dah mau dekt.si kecil blum terbiasa dengan dot.. Bingung juga mpe detik ini..

 

Our Love Journey Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez