23.6.13

Review My Obgyn: dr. Ridwan, SpOG

Posted by desieria at 9:00 PM
Hari jumat, 2 minggu setelah melahirkan, saatnya kontrol buat cek jaitan dan rahim emaknya ke KMC. Alhamdulillah hasil cek, jaitan udah mulai kering dan rahim udah kosong ga ada sisa plasenta dll. Ternyata aneh juga di USG saat perutnya ga ndut lagi hihi...

Pas giliran konsultasi dr. Ridwan bilang kalo kontrol udah selesai dan ga perlu cek lagi ke depannya. Heh??? Sempet kaget. Jadi udahan ini teh? Udahan ketemu dr. Ridwannya sekarang terakhir? Ih kaya ga rela gitu ini kontrol terakhir. Eaaaa lebay hehe... 

Emang sih masi dijadwalin buat kontrol kalo mau KB, yang rencananya pengen pake IUD minimal 2 bulan setelah melahirkan, terus disuruh cek PAP SMEAR juga untuk cek kemungkinan kena kanker mulut rahim (amit2 jabang bayi) sebagai langkah pencegahan yang dijadwalin minimal 3 bulan abis melahirkan. Makanya biar bareng sekalian nanti pasang IUD sama cek PAP SMEAR-nya sama dokter dijadwalin bulan agustus aja 3 bulan abis melahirkan.


Selama kehamilan kemaren, puas banget deh kontrol sama dokter obgyn satu ini. Orangnya baik, sabar dan informatif kalo jawab pertanyaan, selalu memacu kita buat banyak nanya, terus orangnya nenangin banget banget. Namapun kan hamil pertama yah, suka takut ini itu kalo baca ini itu artikel, terus kalo denger cerita ini itu plus cerita melahirkan dari temen2. Tapi dokter ridwan ini jawabannya suka nenangin.

Misal nih ya yang bikin tenang:

*temen kantor melahirkan 7 bulan karena keputihan terus tidak tahunya ketuban rembes juga

Aku: Dok, aku kan sepanjang hamil keputihan, ada temenku keputihan juga, tapi ternyata ketubannya juga rembes, jadinya 28W melahirkan dan bayinya meninggal deh.
dr. Ridwan: keputihannya normal kan, ga berbau, warnanya putih dan ga kehijauan. Terus kalo ketuban itu kalau keluar pasti kerasa basah di celana. Jadi ga usah khawatir selama keputihannya normal dan ga berasa basah di celana berarti ga ada rembesan ketuban.


*baca blog ratna yang melahirkan sc karena lingkar kepala bayi besar

Aku: dok, emang bener kalo lingkar kepala bayi besar nanti ga bisa lahiran normal?
dr. Ridwan: memang ada batas lingkar kepala bayi buat melahirkan normal. Tapi selama ukuran panggul ibunya cukup lebar dan bisa buat jalan lahir bayinya, ya gapapa masih bisa normal. Nanti kan dicek panggul di minggu 38, kalau cukup besar pasti masih bisa normal.


*denger sahabat tercinta wiwi yang lahiran sc karena kepala Aira wajahnya madep perut Ibu bukan madep punggung (eh pas BBM-an ternyata yang bener mukanya madep jalan lahir, bukan ubun2nya, salah info huehehe)

Aku: dok, emang bener kalo misal muka bayinya ngadep ke atas ato ke perut kita arahnya, bukan ke belakang ato ke arah punggung kita harus sc ya dok?
dr. Ridwan: jangan khawatir, pokonya kalau lahiran normal itu yang penting : ukuran panggul ibu cukup, posisi bayi sudah masuk panggul, dan tenaga ibu untuk mengejan.

Padahal ternyata pas baca post ini bener posisi kepala madep perut ibu (occiput posterior) lebih susah lahiran normal dibanding posisi madep punggung ibu  (occiput anterior). Ah pa dokter mau menenangkan kali yah. 

Update: Ternyata Shazia juga pas lahir itu kepalanya madep samping (alah gimana sih ini jelasinnya). Makanya pas udah bukaan 10, susah banget keluarnya. Ga maju-maju keluar kepalanya. Makanya ngeden pun posisinya bukan telentang tapi sambil menyamping biar mempermudah bayinya keluar. Udah pun akunya udah kehabisan tenaga. Hamdallah, Allah bantu buat tetep normal walopun pleus induksi dan infus buat tenaga x_x  


*denger sahabat tercinta gitgat yang baby Shanum-nya harus dirawat dulu di perina karena infeksi pencernaam

Aku: Dok, aku kan pernah kena ISK waktu hasil lab awal itu. Kemarin temen sama juga kena ISK terus jadinya ngefek ke bayinya pas lahir kena infeksi.
dr. Ridwan: Kalo pipis ga sampe sakit kan? Berarti gapapa ga parah ISKnya. Kecil kemungkinan bakteri ISK-nya masuk ke rahim dan ketuban. Jadi ga usah khawatir.
Aku: Jadi aku ga perlu cek lab lagi nih dok buat tau ISK-nya masih apa enggak?
dr. Ridwan: Iya ga usah aja.

Hoho pa dokter selalu menenangkan, padahal baca di sini  emang ISK yang parah bisa bahaya buat janin.

Ini cuma beberapa pertanyaan yang diinget. Aneka pertanyaan lain2 yang suka bikin worry si bumil, yang tadinya dateng2 panik, tapi bisa dibikin pulang dengan tenang sama pak dokter :)

Baiknya lagi dr. Ridwan ini ga perhitungan. Pernah dikasi print USG gratis ga bayar USG+print, alias cuma USG tanpa print hehe, bonus. Terus juga pas USG 4D yang gagal terus sampai 3x karena debay ga mau liatin mukanya, dr. Ridwan baik mau ngulang di kontrol berikutnya, jadinya ga kena charge pas yang gagalnya itu hehe...

Pas hari H persalinan pun karena aku kurang tenaga, dokternya nyemangatin terus. Oya dia juga minjemin pahanya buat jadi tumpuan/jejak telapak kaki aku pas ngeden huahaha, maaf ya dok :))) Berhubung kan aku pake infus tangan kirinya, jadi kurang bisa ngeden sambil megangin paha ke atas pake siku, makanya pahanya dokter jadi tempat pijakan deh x_x

Jadilah, pas terakhir kali kontrol ke dr. Ridwan itu aku yang norak pun minta foto segala. Huahahaha...Buat kenang-kenangan booo, ini looh oom dokter yang membantu lahiran Shazia :)))

Good bye dr. Ridwan, terimakasih buat semua bantuannya yaaa.....

Sampai jumpa di kehamilan kedua yaaa.....Eaaaaaaaaa :))))))))

6 comments:

Simply Nella said...

Oohh...ini tho yg namanya Dr. Ridwan... Nice to see you doc! #eehh ;p

Nitya Krisnantari said...

wiih tau gitu akoh juga foto sama Dr Winahyo nih antedes. Abis dia kakek gaul banget hahaha.

Sampe jumpa di anak kedua yee hihihihi #eaaa

desieria said...

@Nella: kata orang cakep nel hihi, wot du yu ting? :p

@ninit: penasaran sam kakek gaul cemana nit :) Nanti hamil kedua jgn lupa foto ya nit :p skrg bikin dulu adeknya Darren eaaaaa :))

@manda said...

Hahaha rajin bgt dirimu foto ma doktel yg bantu shazia lahir..
E iya updet2 soal KB yaa, msi bingung mo pke apa nih mpe skrg, emak labil sih, hueheu.. :p

desieria said...

@manda: haha centil mak :) Kan dr. Ridwan ini famous, biar eik ikutan famous eeaaa :P Iya bener ini mau pake IUD jg eh tetiba sodara yg bidan bilang dia ga pake IUD takut hadeuh..

nita nedya said...

MBA boleh saya minta contact number doctor ridwan ??

 

Our Love Journey Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez