28.6.13

ASI Booster : Need or No?

Posted by desieria at 9:00 PM
Pas hamil, yang paling deg-deg-an itu kan nunggu bayinya lahir. Nah kalo pas bayinya sesaat sesudah lahir, yang paling deg-degan itu adalah, ASI aku keluar ga yaaaa? Terus kalo keluar, keluarnya banyak ga yaaaaa?

Hamdalah, dari abis melahirkan banget di hari H, ASI aku langsung keluar dan bisa langsung nen-in Shazia. Waktu itu sih ga pernah khawatir ASInya banyak ato enggak karena bayinya juga seneng2 aja nen dan bisa kenyang (bisa lepas sendiri nen-nya katanya tanda bayi udah kenyang).

Nah begitu pulang dari RS, nungguin kolustrum habis yang mana menurut konselor laktasi di KMC, kolustrum itu habisnya 5 hari, mulai deh acara mompa memompa buat stok ASIP di hari ke-6 umur Shazia. Berhubung cutiku tinggal 2 bulan ya terpaksa mau ga mau harus mompa dari Shazia kicik banget. Mulai deh tuh galau sama hasil pompaan. Hasil pompa pertama kali cuma dapet jreng jreng: 20 ml huahaha sedih deh aku :(


Kok ga kaya emak-emak di luar sana yah yang ASI nya ngalir deres kaya air terjun niagara :p Aku jadi suka sedih kalo abis mompa cuma dapet seiprit. Satu botol tutup kaca 100 ml sampe harus diisi sama hasil 4-5 kali mompa alias sehari cuma dapet 1-1,5 botol haha.. Itu dibantu sama hasil pompaan pagi subuh yang lumayan bisa dapet 50 ml.

Untungnya sih ditenangin sama temen2 grup katanya segitu udah lumayan kok, malah manda cerita kalo pas pertama pumping cuma basahin pantat botol. Terus kan ASI diproduksi by demand jadi karena Shazia baru 6 hari mik ASInya masih dikit jadi produksi ASInya juga ikutan masih dikit. Makin sering di mik-in dan mompa bakal makin banyak produksinya. 

Tapi tetep aja yah ga tenang, makanya langsung search segala macam makanan booster ASI buat meningkatkan produksi ASI secara signifikan. Berdasarkan artikel yang dibaca di ayah bunda yang di sini sama di sana, saran sahabat dan teman-teman, berikut beberapa booster ASI yang pernah dicoba:

1. Daun katuk
Siapa sih yang meragukan khasiat daun katuk buat ningkatin produksi ASI? Hehe makanya kalo ini udah mulai dimakan dari hamil 37 week. Baru beberapa kali sih makannya. Biasanya disayur bening. Rasanya enak-enak aja kok kaya sayur bayem sama aja.

2. Mama Soya, Mama Honey
Belinya di mak sachika alias toko mami dede. Mama Soya itu susu kedelai tapi udah ditambah ina inu bahan lain yang juga bisa buat ningkatin produksi ASI : daun katuk, bee polen, fenugreek, sari kurma, dan jintan hitam. Enak kok rasanya, aku suka. Mama Honey juga enak kaya madu biasa aja rasanya walopun ada tambahan lain kaya Mama Soya. Cumaaa, negatifnya konsumsi ini langsung BAU BADAN. Hahaha sumprit kerasa banget ada bau-bau aneh  zzzzzzzzz.......... Untung suami ga protes, katanya dari dulu juga udah bau. Siyaaallll :((

3. Kacang Hijau
Kalo ini sih aku doyan banget banget. Dibikin bubur kacang ijo jadi menu wajib 2 hari sekali bikinnya hehe..Kalo sarannya sobat tercinta wiwi sih katanya bukan dibuat bubur kacang ijo, tapi air rebusan kacang ijonya sebelum dikasi gula tuh yang bagus. Diambil dulu airnya, baru deh abis itu kacang ijonya tambah lagi air sama gula jadiin bubur kacang ijo. Tapiiii, karena ga suka jadi langsung aja bikin burjo hehe :p

4. Bayam
Disayur biasa aja rasanya juga enak-enak aja.

5. Buah Pepaya
Buah pepaya ini malesinnya karena gede, jadi kalo aku yang harus ngabisin sendirian 1 buah pepaya bisa mabok deh x_x

6. Pare
Banyak yang ga suka makan pare karena rasanya pahit ya. Tapi, siapa bilang pare pahit? Asal ngolah dan masaknya jago sih jadi ga pahit. Untung si mba bisa masak pare ini jadi ga pahit, pake kecap bango huahaha *ko iklan sih x_x Etapi katanya pare ini bagusnya dibikin jus bukan dimasak. Alamak eik salah dong selama ini? Tapi pasti kalo di jus alaihim deh paitnya ogaaaah :(

7. Labu Siam
Ini sih ga rutin, biasanya dibikin lalapan buat pecel aja :)

8. Tempe dan Tahu
Huahaha, ko jadi ada tempe sama tahu? Eh kan katanya edamame atau kacang kedelai bisa meningkatkan produksi ASI kan? Lah tempe dan tahu kan dari kacang kedelai bisa toh? Hihi maksa. Kalo tempe sih wajib yah, jadi makanan tiap hari, sampe bosen dan mabok tiap hari dijejelin tempe :p Kalo tahu sih seminggu sekali belanjanya, karena kudu ke kerfur, ngeri kalo beli tahu di ibu2 penjual sayur keliling, ngeri ada pewarna tekstil, formaldehid, etc *mak parno

9. Semangka
Buah yang paling wajib dimakan pas zaman hamil. Hampir tiap hari makan ini. Kenapa? Karena di kerfur buah semangka potong yang paling murah dibanding buah lain. Hahaha.... dasar. Pas udah melahirkan malah belum pernah lagi makan semangka deh. Nanti deh kapan-kapan beli semangka besar.

10. Bunga Pepaya
Ini makannya juga pas masi hamil. Kalo istirahat kan di food point kerfur ada Meimo masakan menado itu, dan favoritku sayurnya ya si bunga pepaya yang dicampur terung itu loh. Enyaaak. Pas udah melahirkan malah ga pernah lagi coba

Kalo dari artikel ayah bunda tadi, makanan lain yang belum pernah coba: jambu air. Makanan lain apalagi ya yang bisa jadi booster ASI?

Terus gimana rasanya setelah mengkonsumsi makanan booster ASI itu? Apa ni ASI langsung mengalir sederas air terjun niagara? Ga juga kaka Huahahaha.......

Kalo kata konselor laktasi di KMC pas masi di RS baru melahirkan:

Booster ASI itu ga meningkatkan produksi ASI kok, dia cuma memperlancar keluarnya ASI yang sudah di produksi.


Booster ASI bisa meningkatkan produksi ASI hanya sugesti positif aja dari Ibunya.

Nah loh? Jadi ga perlu dong itu makanan booster ASI segala buat meningkatkan produksi ASI?

Hmmm, kalo aku sih tetep perlu yah :))) Biar percaya diri ASInya yang diproduksi banyak, bener kata dokter Endah, sebagai sugesti positif :)))

Kalo yang aku rasain sih abis konsumsi makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI di atas itu produksi ASI memang meningkat.

1-3 minggu Shazia
Sekali pumping
Pagi subuh: 50-100 ml
Siang, sore, atau malam: 20-50 ml

3-5 minggu usia Shazia  (sekarang)
Sekali pumping
Pagi subuh: 150 - 250 ml
Siang, sore atau malam: 80-100 ml

Tapi kan hasil pumping naik itu seiring sejalan juga sama Shazia yang semakin besar dan butuh ASI lebih banyak. Ya kan?

Jadi yang bener hasil pumping ningkat itu beneran ga dari si booster ASI? Hihi wallohualam bisawab :p Paling penting produksi ASI meningkat, darimana asalnya, dari makanan booster ASI kek, sugesti positif kek, Alhamdulillah.

Seperti kata artikel di sini:

Penelitian berkesimpulan bahwa apabila payudara dikosongkan secara menyeluruh juga akan meningkatkan taraf produksi ASI. Dengan demikian, produksi ASI sangat dipengaruhi seberapa sering dan seberapa baik bayi menghisap, dan juga seberapa sering payudara dikosongkan.

Aku sih tetep bakal makan makanan di atas sih, soalnya kan emang bergizi juga, kan penting buat busui. Ya ga???

Karena aku masih masa cuti jadinya belum ngalamin yang namanya ASI seret *amitamitketokmeja Mudah2an aja nanti pas udah masuk kerja, kerjaannya juga ga bikin stress ya, jadi produksi ASI tetep stabil dan ga perlu makan tambahan booster ASI yang macem-macem segala selain yang di atas termasuk yang tablet-tabletan deh yah.

Kalo yang paling aku khawatirin sih frekuensi mompa yang bsia berkurang, soalnya di kantor mungkin cuma bisa 2x mompa itupun masi sangsi bu bos ngizinin berapa lama mana mompa kan bisa 30 menit lebih yah termasuk cuci2 dan beres2 bisa sejam x_x Kalo frekuensi mompa berkurang takutnya pengaruh ke demand yang dianggap otak berkurang huhu, moga2 sih enggak yah, semoga nanti Shazia pas mik langsung ke akunya bisa nyedot sering dan poll. Aamiin YRA.

Teman-teman yang udah lebih pengalaman, ato yang pernah ngalamin ASI seret, biasanya karena apa sih produksi ASI turun? Stress kerjaan? Mompa ga teratur seperti saat cuti? Terus booster ASI apa yang biasanya dikonsumsi dan nampol bikin produksi ASI deres res res? Share dong :))))

8 comments:

Riesta Emy Susanti said...

Kalo aku abis mompa di kantor bp nya gak usah dicuci,,langsung masukin cooler box atau taro di kulkas kantor...jadi lebih hemat waktu...hehehe
Kalo pumping sendiri aku cepet,,10menir beres..tapi kalo ada temennya kelamaan ngerumpi...hihihi

desieria said...

@Riesta: Ta, itu ga usah dicuci itu pas mompa yang keberapa? Pokonya mompa 3x pun, mompa 1, 2 ga dicuci ya ke mompa berikutnya? Gapapa itu ta? Aku juga mau dooong kaya kamu selama ini masi skeri rajin ama cuci steril pake sterilizer hihi...Nah itu ta yg paling ditakutkan,pumping plus rumpi hihihi

Riesta Emy Susanti said...

Aku sehari cma mompa 2x,,,seingetku pokoknya beda waktu mompanya gak sampe 6 jam gpp kalo bp nya cma dmasukin cooler bag...
Tapi skrg cma skali mompa aja...uda mw brenti mompa insya Alloh pas puasa ntar...la wong rafa nya uda hampir 23bulan...

desieria said...

@Riesta: aku juga rencana mompa 2x ta jam 12 sama jam 4, pas tuh ya ga lebih dari 6 jam, ikut cara kamu ah *emakgamaurepot hihi
Wah Rafa pinter udah mau S3 ASI, doakan aku juga bisa S3 kaya kamu yah Aamiin YRA...

mr & mrs kistiono said...

tenang aja budes, semangat, yakin dan rajin insyaAllh bisa banyak kok..
gw di umur gia 1 bulan, asi bener2 stop gak keluar dan dengan terpaksa ngasi gia sufor pada akhirnya.
awal masuk kerja, dalam sehari pumping paling cuman bisa bawa 1 botol sajah, alhamdulillah sekarang udah 1 bulan kerja bisa bawa 3,5 sampe 4 botol yaa.. masih jauh sii dibanding ibu2 lain tapi Alhamdulillah itu bisa mencukupi buat gia seharian di tinggal :D
so positif aja pasti bisa kok :)

desieria said...

Makasih mama gia semangatnya :)
Bener, kuncinya rajin mompa dan yakin yah ASI cukup, mama gia udah buktiin bisa nambah hasil pompanya...
Mari semangat ngASI :)

Wichi said...

Hwaa jd inget awal lahiran asi blm kluar smntara Raka usia 1hari hrs disinar krn kuning yg butuh asip 40ml tiap 2-3 jam skali. Stress ga sih huhu akhirny Raka minum asi donor dr kakak sepupuku dan aku di RS dibawain sayur katuk, pepaya muda, kacang rebus, edamame, susu, pil lancar asi semuaa kumakan demi asi keluar. Mompa smbil nangis2 lama2 hari ke3 bs dpt 50ml skali mompa.

Aku kan kerjany front office,susah jg klo sering ngilang buat mompa. Jd mompa 3x aj, pagi pas smpe kantor (dtgny pagian),abis lunch&sore pas pulang. Tp lama2 jd 2x,yg sore diskip krn jd kmaleman pulangnya. BP cukup dicuci pk Sle*k&sterilny direndam air panas dr dispenser bentar. Pas udh dirumah baru deh cuci steril pake sterilizer beneran. Pompa terakhir biasany ga dicuci,cuma dibilas air aja krn bs dicuci dirumah jd hemat waktu.

Oya buat hemat waktu jg aku pompa 2 PD skaligus,pake 2 BP. Slain waktu pompa berkurang 1/2ny (cukup 10menitan buat aku),itu jg bikin asi melimpah krn PD mikirnya kita lg nyusu anak kembar *emang bs mikir hehe.

desieria said...

Wah perjuangan ya mba wichi...

Sip, tips pengalamannya oke sekali mba, aku rencana mompa abis makan siang jam 12-an, sama abis ashar jam 4-an. Jadi yang jam 12 cukup pake cuci sleek plus air dispenser, nanti yang sore ga usah cuci air dispenser aja hihi demi hemat waktu :)

Nah kalo pake 2 BP aku masi cuma punya 1 BP nih jadi blm bisa dipraktekin.

Tapi makasi byk tipsnya mba :)

 

Our Love Journey Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez