5.5.13

Mengurus Pembuatan Akta Lahir

Posted by desieria at 11:21 AM
Debay-nya belum lahir, tapi emaknya ini udah stress duluan nyiapin akta lahir. Ya gimana ga stress coba kalo untuk ngurusin perintilan administrasi ini banyak kendalanya.

Jadi terakhir kontrol pas 37W2D hari sabtu lalu, sekalian deh nanyain ke KMC soal pembuatan akta lahir untuk bayi. Karena denger-denger kalo ga segera diurus bisa-bisa kena denda. Glek.

Berhubung ga mau repot sama catatan sipil (eh apa dinas kependudukan yah?haha), Alhamdulillah-nya di KMC juga ada jasa untuk pembuatan akta kelahiran, makanya sekalian aja deh buat bikin di KMC. 

Nah, hasil nanya kemarin, berikut list dokumen yang diperlukan:

1. Fotocopy Buku nikah/akta perkawinan
2. Fotocopi KTP suami & istri
3. Fotocopi KK
4. Surat pengantar dari kelurahan
5. Surat keterangan lahir dari Rumah Sakit
6. Akta kelahiran suami/istri (untuk WNI keturunan)
7. Mengisi formulir data penunjang & surat kuasa (formulir disiapkan di RS)
8. Batas waktu pengurusan 30 hari

Biaya mengurus akte di KMC : IDR 400rb



Lah persyaratannya kan dasar doang. Terus apanya yang bikin stres? Ya jadi begini loh:

1. Aku sama suami engak punya KTP Jakarta, alias KTP kami masi KTP kampuang :p
2. Belum punya KK sendiri alias masih KK-nya sama ortu kami masing-masing
3. Kami ga punya alamat tetap di Jakarta sinih. Maksudnya kalopun mau maksain bikin dulu KTP Jakarta atau KK baru atas nama kami berdua, piye alamatnya? Mau bikinnya dimana wong engak punya rumah dan alamat tetap? x_x *brb minta dibeliin rumah sama suami #diciummesrasuamikarenabelumadauang :p

Untungnya, nanya2 diskusi sama momci dan momzilha, ealah ternyata momzilha ibunya kerja di Dinas Kependudukan. Akhirnya tadi malam dapet pencerahan dari momzilha. Yeayyyy.....

Jadi untuk mengurus akta lahir ini:

1. Ga perlu ortunya bayi harus punya KTP Jakarta
2. KK yang digunakan untuk pendaftaran  jika belum punya KK sendiri (KK ortu bayi) gapapa pake KK yang ada (salah satu saja), mau KK mama atau papa-nya bayi (berarti masuk KK nenek-kakeknya bayi)
3. Setelah nanti akte-nya jadi, baru deh di daftarin ke KK yang digunakan pas daftar akte tadi, jadi bayi masuk ke KK nenek-kakeknya dengan status Cucu

Hmmm, jadi tenang deh kalo gitu.

Pas kemarin cek lagi ke KMC, kontrol 38W2D, nanya lagi ke resepsionis ternyata bener apa yang dibilang mommyzilha. Yeaaay, ga perlu panik lagi deh. Itu di foto atas dicoret sama petugasnya, ga perlu pake surat keterangan kelurahan karena aku bukan penduduk Jakarta, dan ga perlu akte karena bukan bule :) Jadi yang perlu disiapkan cuma no 1-3 : buku nikah, KTP dan KK.

Sekarang mari siapkan semua dokumen masukkan ke hospital bag semangat ^_^

No comments:

 

Our Love Journey Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez