3.2.13

Drama Newbie IRT

Posted by desieria at 7:00 PM
Gimana rasanya pindahan dan jadi Ibu Rumah Tangga (IRT) beneran? Lucu hahaha.......

Banyak banget kedudulan si IRT newbie ini. Ya manapun baru belajar yah jadi manajer rumah tangga, sekali dua salah tak apa yah mohon dimaklum. Anggap aja proses pembelajaran lama-lama jadi pinter :p



1. Salah beli kulkas

Kami beli kulkas Panasonic Alowa 262 nama tipenya. Karena pas ke toko tipe itu ga ada di pajangan, jadi aku nunjuk-nunjuk tipe sodaranya 222 yang ukurannya lebih kecil. Warnanya pun pas yang dipajang warna biru seperti yang aku mau. Pas lah kan yah, cuma beda nama tipe. 

Pas hari jumat malam kulkasnya dateng, eng ing eng, kulkasnya yang datang SALAH!!!!!!!!! Harusnya biru loh kok malah coklat? Lah piye iki, malah ada gambar bunganya segala kulkasnya?

Pas liat dusnya bener kok NRB262. Nanya mas yang nganter percuma dia ga ngerti apa-apa. Pas dicek lagi ternyata emang ada beberapa tipe NRB-262, maksudnya aku pesen ALowa NRB-262-MA1 yang ini: 

eh yang dateng malah NRB-262-RTT x_x Yaelah mas bilang dooong kalo 262 itu ada beberapa tipe x_x

Pas perdana nyalain kulkas, horeeeeeeee, punya kulkas baru. Terus aja tuh dinyalain. Lama-lama nyadar. 

Sayaaaaang, kulkasnya kan belum ada isinya. Matiin aja dulu #tepokjidat. Kita belanja grocery dulu ke Carrefour. hahahahaha :D

2. Beli Mesin cuci kemahalan

Kalo kemahalannya 100rb mungkin masih bisa ditoleransi sih ya. Ini kemahalannya 500ribu #nangiskejer :'( Sampe sekarang aku masih ga ikhlas hiks. Apalagi kalo dibandingin sama harga di ol lain yang bsia kemahalannya 900rb #nangismakinkejer

Jadiiiii, mesin cuci dan kulkas ini beli di satu toko elektronik yang sama di Pasar Minggu namanya Sinar Jaya Elektronic. Hari itu emang musibah banget kayanya. Belinya agak buru-buru sih ya. Aa udah keburu cape survey ke kramat jadi sebelumnya, di Abadi Elektronik kalo ga salah (yang tokonya paling gede) mesin cuci Elektrolux EWF85761 ada , tapi kemahalan 5jt (di web cuma 4.5 juta) ogah kan yah. Alowa 262nya juga mahal 2.5 juta. Akhirnya balik lagi ke Pasar minggu.

Pas disana ga ada Elektrolux harus pesen dulu katanya. Ditawarin lah LG. Diiming-imingi kalo LG ini garansi 5 tahun, terus service nya cepet, bisa panggil orangnya ke rumah besoknya dateng, sementara kalo Elektrolux kalo service bisa 2 mingguan orangnya baru dateng ke rumah. Nah kan kerayu deh, ngeri juga kan kalo maksa beli elektrolux tapi ada apa-apa susah. 

Udah nulis sih plan cadangan di kertas beli LG, tapi tipe WDM 1070 TD udah dicatet di web harganya 4,4jt. Nah di toko adanya yang LG WDM 8070 TD. Ga ada tipe lainnya. Ditawarin harganya 4.4 juta. Ditawar pun tetep ga mau turun. Yang bisa turun cuma Alowa dari ditawarin 2.4 jadi 2.35. Mayan lebih murah dari di galeri elektronik harganya 2.7juta.

Tapi si aa buru-buru ngajak ke toko belakang milih kompor gas (masih toko yang sama). Alowa ditawarin 2.35 juta. LG nya 4.4juta. Total 6.8 kan yah. Aku udah wanti-wanti maunya kulkas sama mesin cuci total 6.5 juta aja. Tapiiiiii, entah kenapa, kayanya aku kena hipnotis ato apa, mana aa mukanya udah cape ngeburu-baru aku, udah ga bisa mikir jernih deh. Total kulkas, mesin cuci, sama kompor dikasi 7.150jt. Aku tawar total 6.5 juta semua ga mau. Aa udah maksa suruh cepet nawar 7 juta dan kedengeran masnya. Yaudah lah ya dikasih tuh kan. Sama sekali ga ada perlawanan dari kita pura-pura ga jadi beli, keluar toko dulu dan sebagainya.

Bayar, gesek. SELESAI.

Pas balik ke toko furniture iseng lah aku buka web galeri elektronik cek harga. Eng ing eng. Harga LG WDM 8070 TD-nya cuma 3,9 juta. Langsung lemes seketika :( KENAPA GA DARI TADI PAS DI TOKO SIH CEK WEBNYA? ASTAGAAAAAAAAAA..........

Aku kesel dan ngambek minta di cancel. Tapi kan ya ga mungkin. Akhirnya aku ke toko lain buat buktiin sama aa kalo aku ga disuruh buru-buru bisa dapet lebih murah. Bener dooooooong, di toko sebelah itu LG WDM 8070 TD ditawarin 4.1juta dan masih bisa ditawar. MakJLEB.

Pas cek web lain di sinar-electric 4 juta lebih dikit. Paling nyesek pas cek web Hartono elektronika di SBY nih harganya 3.5jt doooooongggg :'( TAU GITU KITA PESEN ONLINE AJA KALO LEBIH MURAH :(

#mungkinakusamaaakurangsedekah :(

3. Gimana masang mesin cucinya?

Pas mesin cuci dianter, kebingungan ini gimana masangnya yaaaaaa?

Kata mas yang nganter:

M : Ibu, kapan orang LG-nya dateng kesini? Besok yah?
A : Heh emang mau ada orang LG kesini?
M : Iya buat masangin ini mesin cucinya kan nanti ada orang LG yang dateng.
A : Emang harusnya gitu yah?
M: Yah kirain kemarin Ibu di toko udah janjian sama orang toko minta janjian sama orang LG buat dateng minta masangin.

YA MANA SAYA TAU MAS KALO ORANG LG BISA DATENG BUAT MASANGIN. Kemarin kan ga ngomong-ngomong juga masnya (pleus ga nanya akunya). Ah emosi juga. Pas dicoba baca buku panduan berhalaman-halaman itu juga tetep ga ngerti gimana ngoperasiinnya.

Sampe sekarang mesin cucinya masih ngejogrok tuh di R. Tengah. ga ngerti cara pakenya. Hahahaha. Untungnya masih pake laundry sih.


4. Dikasi lemari pajangan, bukan lemari baru

Pas kita pesen lemari di Cipta Bangun Jaya dibilang kalo lemarinya jadi sekitar 10 hari sampai 2 minggu. Apalagi berhubung musim hujan kan yah bisa lama kering catnya. Yaudah lah kita mau nunggu walopun resiko pas pindahan cuma punya kasur.

Pas lemarinya datang jumat malam, INI MAH LEMARI YANG DIPAJANG DI TOKO :( Ada sticker-nya persis sama yang kita liat di toko. Kalo gitu kenapa perlu bilang pesen 2 mingguan segala? Mana bodinya udah ga begitu mulus. Triplek bagian belakangnya ada yang agak kurang nampol di bodi lemarinya. Ada lecet-lecet dikit juga dimana-mana.

Nanya mas yang nganter, katanya bener ini lemari di ambil di atas toko lt3 alias LEMARI PAJANGAN BUKAN LEMARI BARU :( Berhubung udah jam 11an malem datengnya udah males deh protes dan komplainnya. Udah ga punya energi kecapean pindahan :(


5. Salah beli Regulator

Kalo baca review ato denger-denger kan, gas yang bagus itu merknya yang Blue Gaz, bukan yang LPG dari Pertamina. Katanya lebih aman. Malam minggu kemaren aku ke Carrefour beli regulator plus selang. Beli yang bagusan deh demi keamanan, dan malam itu juga dipasang ke kompor walopun gasnya belum ada :p

Pas tadi minggu siang keliling hunting Blue Gaz, ternyata doooooooong Blue Gaz ga bisa pake regulator yang umum dijual, harus pake merk Blue Gaz sendiri. YA MENE KETEHE Pak. Tau gitu kemarin ga usah beli aja itu regulator dan selang hiks. Akhirnya terpaksa beli gas LPG pertamina 12 kg aja yang sesuai regulator. Dadah babay deh safety, at least ga beli yang 3 kg, ngeri.


6. Kok api kompornya ga nyala?

Begitu gas dateng aa yang hebat langsung persilakan mas pengantar pulang. Ditawarin pasang sama masnya ga mau dong dia. Oke deh istri manut.

Pas dipasang agak susah-susah. Akhirnya bisa juga. Pas aku nyalain kompornya, eh kok ga ada apinya? aa langsung heboh nanyain korek api. Hah? Kaget dooong. Mana ada kompor gas pake korek api. Malahan disuruh beli pemantik api yang pake gas capedeeeeeeeeh.

Dinyalain lagi tetep ga mau nyala.

Aku keukeuh bisa nyala.

Suami keukeuh harus pake pemantik api.

Dia jelasin endesbre endesbre ke aku bagian kompor gas, kalo disitu ga ada bagian yang bisa menghasilkan api dari gasnya x_x seumur-umur aku ga pernah tau kompor gas harus nyala pake korek api. Aa keukeuh kalo yang kami beli itu tipenya beda, harus pake pemantik api pake gas yang panjang, etc x_x Ealah malah kena semprot akunya, aku salah tapi sok tau.

Aku telpon orang toko deh cari aman. Aku cari pembelaan kalo ga perlu itu pemantik api ato korek api. TUUUUUHHH BENER KAAAAAAN? Mana ada kompor gas perlu korek api ato pemantik api. Tadi ga nyala mungkin gasnya belum keluar sempurna.

Ya ampuuuuuuun drama banget deh ini x_x


Leason learned: 

1. Googling yang bener kalo mau beli elektronik, catet semua model inceran, baca spek masing-masing sejelasnya termasuk kalo mau hunting harganya catet satu-satu.

2. Siapin plan cadangan beberapa merk dan model, kalo perlu print aja deh semua list harga internet :D

3. Jangan beli terburu-buru sampe ga bisa mikir jernih

4. Pas di toko. ngomong sejelasnya sama mas penjual kita maunya tipe apa, warna apa. Mana bisa masnya baca pikiran kita kalo cuma nunjuk kulkas pajangan Alowa biru 222, tapi cuma bilang mau Alowa 262, tanpa bilang mau yang sama persis warnanya cuma beda tipe cape deeeeeehhhhhh..........

5. Banyak nanya sama yang udah pengalaman (rasanya udah banyak nanya tetep salah x_x )

6. Kalo mau yang murah ya emang harus pinter nawar. Kalo ga mau repot cukup ke Carrefour aja belinya (promosi terselubung) atau ke gerai elektronik modern di mall mall (hihi sok ga mau nyebut).

7. Kalo beli furniture minta barang baru, kalo perlu tulis di notanya jadi kalo ga dikasih baru langsung protes aja dan minta balik. Kalo bisa anternya jangan yang malem, jadi kalopun salah kirim tokonya masih buka dan bisa langsung complaint

8. Jangan kebanyakan survey demi harga murah juga. Malah makin galau. Akhirnya cape kan, malah ga bisa mikir jernih, malah jadi beli apa aja yang ada (ini sih aku aja kaliiiii..........)

9. Perbanyak sedekah hihi, biar ga serasa dirampok :(


5 comments:

Simply Nella said...

Hahahahahahhaaaa..
Sumpah lucu bgt sih budesss inihhh...
Tpi yg aku lebih heran itu... dari kesemua kesalahan2 itu... ga ada satupun yg kamu komplen yaakk... ;D
Klo eik udh mencak2 deh... *eehh :p

bumblebumz said...

wah klo beli alat2 elektronik di toko2 geto emang ngeri say...ako agak2 parno gmn gt.. mending beli di c4 ato di elektronik solution or best denki, kadang2 mereka juga banyak loh diskon na.. trus garansi nya juga jelas... klo ada yang ga sesuai tinggal balikin... buat pengalaman aja say, jangan cepet percaya sama orang2 di toko hehehehe...trus harus punya ilmu nawar sesadis sadis na ^__^....

desieria said...

@nella: hahaha, malu nih. diketawain ibu RT yang sudah pengalaman malang melintang di dunia urus rumah hihi....
Ya aku jg orangnya sebenernya emosian bunel, yacuman, udah abis energi malam itu #pencitraan hehe...
Padahal pas ke toko Cipta Bangunnya, aku ngejogrok duduk 15 menit ga dilayanin aja, aku telpon dari HP di depan mukanya dan ngambek sama mba-mba-nya minta dilayanin :p

@bren: iya breeeeeeen, menyesal akuuu, tau gitu aku beli ke Carrefour aja ngesot doang ga perlu cape x_x mungkin kualat kali yah aku ga beli Carrefour haha...iya ilmu nawarku kurang tjanggih nih x_x

nggt said...

ya ampun desiiii... ceritanya lucu pisan. Tapi hebat euy, bumil-nya sabar, bisa menahan amarah :)

btw, regulator blue gaz kelupaan ngasih tauuu,, huhu... sori ya. Disini juga pakenya blue gaz.

eh..ehh... tapi kan jadinya kulkasnya matching sama sofa :)

Masih sibuk menata rumah bu ??? kapan kita janjian mau YM tea ?

_salam buat dedek lucu di perut_

desieria said...

huehehe, iya hebat git, sambil dalam hati mangkel dan pengen ngacak-ngacak penjual-nya :D
Tapi untung lah kemarin yg furniture mereka telp katanya mau anterin lemari barunya yeay... :D

Oya yang kulkas untungnya harganya lebih mahal 50rebuan dari yang dimau jadi ga rugi2 amat #perhitungan :D

Aaah git gaaat harusnya sering2 nanya nih ah huuu nyeselnya selalu belakangan.

She lupa loooh, kan di BB selalu nyala itu YM-nya tapi suka ga sign in otomatis. tar she sms yaaa :)

 

Our Love Journey Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez