23.1.13

Belanja Isi Rumah

Posted by desieria at 9:00 PM
Begini deh kalo kebiasaan ngekos dari zaman kuliah yang udah ada isi kasur, lemari, dll, giliran mau punya rumah (walopun bukan rumah sendiri), bingung deh apa aja list kebutuhan yang utama buat ngisi rumah. Pokonya pengen beli dulu yang primer, yang kalo ga dibeli ga bakalan bisa idup disitu (agak lebay). Kalau lain-lain perintilan kan bisa dicicil nanti pas udah nempatin yah :)

Mari coba bikin list, kebutuhan utama rumah yang sekarang kepikiran:

1. Tempat Tidur

Kasur jadi hal yang pertama dipikirin. Salah satunya gara-gara baca quote di sini:

" Tempat tidur menjadi tempat dan momen yang istimewa bagi suami istri. Jadi belilah tempat tidur yang bagus dan berkualitas".

Bener juga sih yah, hampir 8 jam waktu dihabiskan di tempat tidur buat suami dan istri, termasuk aktivitas paling intim aheeeyyy :p Tapi gimana caranya milih kasur bagus, berkualitas, dan harganya murah? Wong perbedaan nya aja ga tau haha. 

Berbekal rekomendasi jeung ana, dimana tempat beli furniture yang murah meriah, meluncurlah aku sama aa wiken kemarin menuju pasar minggu ke toko furniture Cipta Bangun Jaya. Sayangnya, hari minggu toko gedenya tutup. Jadilah kita hanya bisa masuk ke toko yang kecil x_x Sebelumnya sempet googling dulu di webnya mereka itu, klak klik sana sini, kalo kelas king koil, Serta ato Spring Air sih udah wassalam haha, sepertinya yang harganya reasonable si comforta. Sempet googling juga cara memilih kasur yang baik dan benar, tapi apa daya, semua kembali ke HARGA :D

Jadi si comforta ini ada 9 tipe. Nah cara milihnya ada di webnya dan berdasarkan rekomendasi web comfortanya sih aku disaranin pilih yang tingkat kekerasannya sedang karena harus masukin berat badan yang paling gede yaitu suami haha. Lagian kalo pilih yang empuk banget, selain harganya yang ga kuat :p takutnya juga lama-lama ga kuat nahan berat berat aku, aa, sama dedek nanti haha. Akhirnya pilihan kita jatuh pada comforta perfect choice ini. 

Tapi berhubung ga suka sama warna headboard sama dipan-nya, jadi yang dipilih cuma kasurnya aja. Headboard dan dipannya prefer yang minimalis dan oke sepanjang masa, makanya pilih yang comforta perfect dream ini :) Hitung-hitung irit juga deh harga kasurnya yang choice aja. Satu set ini aja udah bikin pingsan hiks.

Lanjut di ukuran yang dipilih. Berhubung rencana tidur bertigaan sama dedek, jadi pilih yang 180x200cm. Semoga nanti ga kebesaran di kamarnya dan muat bertiga. Apalagi nanti kalo di kamar rumah sendiri yang mungkin kebelinya tipe kecil dan kamarnya mungil x_x Awalnya mau yang 160x200cm, tapi takutnya kesempitan kalo bertiga. Yausdah deh.

2. Lemari

Berhubung hari minggu yang toko gedenya tutup, jadi lah pilihan model lemari yang ada terbatas. Cuma ada sekitaran 10 contoh lemari, segini aja udah sukses bikin galau. Hihi. Beneran deh ga kebayang mau model gimana. Mau pake kaca apa enggak. Bahannya apa juga ga ngerti. Yang pasti tetep minimalis dan model sliding biar hemat tempat jaga-jaga punya kamar mungil :)

Pesennya yang ukuran jumbo. Niatnya sih biar nanti ga perlu beli lemari khusus lagi buat baju dedek #iritdotcom. Kurang lebih gambarnya kaya gini. Kata mba-nya bahannya multiplex, ga kuku deh kalo jati hihi. Multiplex ini katanya lebih bagus dari bahan kaya olimpic gitu dan ga khawatir jamuran kalo lembab. Yo wes ikut aja deh.


Hmmm, baru 2 item tapi total kerusakan udah 9jeti. #pingsan

3. Kulkas

Buat beli alat elektronik, sama sekali ga kebayang mau beli dimana. Merk apa, tipe apa. Bingung baca sana sini rekomendasinya beda-beda. Cuma, untungnya selalu punya katalog kerfur, pas bandingin harga promonya mereka kok tetap lebih mahal yah dibanding harga di galeri elektronik ini (elus-elus slip gaji besok besok ga digaji haha). Nemu webnya ga sengaja pas lagi googling. Hmm, kayanya sih harga kerfur dan Electronic city atau electronic solution ga jauh beda yah. Untungnya galeri elektronik ini juga tempatnya di Pondok indah, mayan deket kan ke cilandak ato rempoa. Belum survey kesana, baru pilih model aja.

Maunya yang 2 pintu, biar nanti bisa buat nyimpen ASIP dedek. Cuma merknya apa? Pas ke store kerfur kemarin malam, kata masnya yang recommended Panasonic atau LG. Kalo Sharp, kurang kuat bahan shelvingnya, kalo Samsung sistem pendinginannya beda, bukan pake fan kaya LG dan Panasonic, tapi ditunjukin kaya stiriofoam gitu di belakang freezernya. Tapi kata temen Sharp lebih tahan listrik naik turun. Nah lo? Temen-temen yang punya baby pilih kulkas merk apa?

Kalo warna sih naksir panasonic yang biru ini hihi. Soal kapasitas, kotak penyimpanan khusus, tempat buah dan sayur kepisah,  endesbre aku ga ngerti deh, walopun masnya udah jelasin :)


4. Kompor Gas

Ini juga sama aja bingung pilih merk apa. Kayanya ikut-ikutan aja di rumah pake rinnai. Tapi bingung modelnya. Pengen yang tengahnya ada grilled itu loh. Tapi kok ya di rumah juga ga kepake x_x Kemungkinan beli yang biasa aja 2 tungku deh. Daripada sayang grillednya berdebu ga pernah dipake. Jangan sampe lupa nanti aku beli regulatornya yang ber-SNI (kemakan iklan haha) plus gasnya blue gaz yah yang aman?


5. Dispenser

Dispenser ga ada ide merk apa, blank banget haha. Tapi si aa yang nanti pasti bakal jadi pengangkat galon request yang galonnya taruh di bawah kaya sharp ini. Haha harganya mehong ga kuat kalo cuma dispenser beli 2 jeti x_x 



Itupun masih ga ngerti spek dispenser itu apa, yang penting kan bisa ngalirin aja air minum dari galon. Beli yang kecil juga ga masalah ya kan seratus ribuan :)



6. Mesin cuci

Mesin cuci masih jadi kebutuhan sekunder. Berhubung kan istri rajin ini masih enjoy sama mas laundry, jadi masih mikir beli sekarang. Maunya kalo udah belanja baju-baju dedek aja beli biar bisa cuci bajunya dedek sebelum dipake. 

Hmmm, kalo tipe maunya yang front loading biar daya cuci lebih bagus. Tapi harganya ga nahan. Udah gitu kurang ajarnya maunya merk elektrolux hahaha. Nyerah deh. Paling murahnya tipe ini 4.5juta. Cari yang murmer aja kali ah LG ato samsung masih bisa 3 jutaan gemuk :) Temen-temen ada yang mau kasih rekomendasi?



7. TV

Masih jadi kebutuhan tertier haha. Kasian juga yah ga ada TV tapi kata aa tanggung biar beli yang agak gedean. Tapi berhubung belum butuh amat dan duitnya belum ada budget, yasudah dipending.

8. AC

Belum butuh sih soalnya dapet AC dari rumahnya pas di kamar tidur. Perlu ga yah nambah AC buat ruang tamu/ruang keluarga? Kayanya ga perlu yah. Apa ganti kipas angin yah sebagai alternatif? 

9. Sofa Bed

Berhubung ada ruang tamu sama ruang keluarga, tapi masa sih isinya kosong melompong? Nah sofa bed ini masih jadi pertimbangan antara penting dan belum penting. Penting biar ruang tamu ga kosong banget dan sekalian pesannya sama tempat tidur dan lemari jadi bisa sekali antar. Penting karena bisa juga dipake bobo kalo ada sodara yang nginep. Tapiiiii, belum penting karena tanpa sofa bed ini juga kami masih bisa hidup :) Kemarin di cipta bangun jaya katanya lagi promo dari 2.5 apa 2 koma berapa juta gitu jadi cuma 1.8 juta. Lumayan sih ya harganya miring. Cuma satu kaya gini kira-kira:



Hmmmm, ada yang kelewat ga yah kebutuhan primernya?

Temen-temen yang udah lebih dulu ngurusin rumah sendiri please share yah :)

9 comments:

Thane said...

halo she masih inget sama thane nggak? lagi iseng2 blogwalking nih nggak taunya ketemu blognya desi. :)

kalo sofa yang banyak pilihannya ada di informa. aku pernah denger di daerah ciputat juga banyak toko furniture yang bagus2 dan terjangkau. you may give a try. :)

desieria said...

Thaneeee, apa kabar di US?hihi seneng dikunjungin :)

Ciputat yaaa? deket ke rempoa dooong, siiip kapan2 coba hunting di sana. makasih yaa sarannya, sehat terus ya thane dan baby Aamiin :D

nggt said...

desiii... ih asiikkk lagi ngisi2 rumah. Hal yg menyenangkan sekaligus bikin terpingsan-pingsan :) .

Pilihan tepat ambil kasur yg 180x200, anggt yg 160x180 asa udah bakal mepet (kalo udah ada dedek), makanya nyesel waktu itu gak beli yg 180 x 200 aja sekalian. Bisa tuker tambah gak yaa... :)

lemari, sama2 sliding juga yg jumbo, alasannya sama persis karena "space" & efisiensi :p

kulkas : allowa 2 pintu warna ijo, so far so good, dipake asip kayanya lumayan lah. Udah iseng2 test drive sering bekuin susu2UHT sama yoghurt :)

mesin cuci : dulu pengennya juga yg front loading kaya gitu, tapi gak kuat mahalnya, dan ternyata watt-nya tinggi. Akhirnya mengingat harus hemat "space", belilah toshiba 1-tube yang top loading (karena ramping), jadi tetep irit tempat dan watt nya gak tinggi, plus harganya masuk budget.

kalo sofa, di informa banyak yg lucu2.

AC, anggit LG hercules mini yg cuma 260 watt, jadi irit listrik.

Happy shopping :)

nggt said...

waaahhh lagi ngisi2 rumah... senangnyaaaa.... sekaligus bisa bikin terpingsan-pingsan (pengalaman pribadi).

pilihan tepat ambil kasur yg 180x200, anggt yg 160x180, kayanya nanti kalo udah ada dedek bakalan mepet deh. jadi nyesel waktu itu gak ambil yg 180x200 aja sekalian. Bisa tuker tambah gak yaaaa... :(

lemari sama-an, anggt juga yg sliding dan jumbo, dgn alasan "space" & efisiensi :p , tapi tetep aja kayanya kepikiran mau beli lemari baju dedek. Soalnya kalo lemari baju dedek bener2 nyatu sama kita, ntar mbak / pengasuh dedek bakal sering buka2 lemari kita dong, ya tapi klo buat dedek beli yg kecil aja, excel jg cukup kayanya.

kulkas : anggit juga allowa 2 pintu yang ijo. so far so good. buat ntar nyimpen asip juga lumayan kayanya :)

mesin cuci : dulu pengennya juga yg front loading kayak gitu, tapi gak kuat sama mahalnya dan ternyata watt-nya gede. akhirnya beli toshiba 1-tube yg top loading (karena ramping), jadi irit tempat dan watt-nya gak tinggi, pluss sesuai budget.

AC : anggt pake LG hercules mini 260 watt, jadi cukup irit listrik.

sofa : bener banget di informa banyak yg lucu2. akhirnya anggt juga teracuni sofabed ijo di informa (**tetep ijo**), haha...


Happy shopping yaaaa.... :)

desieria said...

Asyiiiik ada gitgat kasi rekomendasi...
Aaah, tau gitu dr kemarin2 she nanya sama gitgat ya biar ga pusing malah baru kepikiran skrg hehe..

Berarti ukuran bed nya pas ya, siiip..
btw, bener juga yaaa kalo nanti baju dedek taruh di lemari samaan, mba pengasuh buka-buka dong x_x kalo gitu nanti beli juga aja deh yang kecil mungil :p

Iiih iyaaa alowa itu memang menariknya karena warna warni haha, ternyata gitgat pilih ijooo, she pasti pilih yg biru walopun biru tua :( terus baca2 watt-nya kecil juga ah, irit semoga :)

Ah front loading watt-nya gede ya? Tau ga, she selama hunting merk, model, ga masalahin watt-nya, maklum kan ga pernah ngalamin bayar listrik. haha Ternyata ini penting ya kayanya buat penghematan bulanan :D

Sofa akhirnya beli warna coklat, maunya biru, tapi ga ada biru langit, birunya tua dan blusuk git :(

Nanti kalo udah rumah sendiri siap2 beli AC juga, ciaaaawww :D

nggt said...

waduh komennya jadi 2x, maap :)
tadi dikirain yg pertama gagal, terus ketik lagi deh (tambah revisi dikit2), taunya masuk 2-2 nya.... :)

beberapa front loading ada yg watt-nya gede, dulu pas belanja cukup merhatiin si-watt ini, berhubung di rumah 1300 watt, dan berencana pake AC, jadi milih barang2 elektronik nya disesuaikan sama kapasitas watt ini. biar gak sering-sering "nge-jepret".

di ruang tengah, awalnya anggt pake kipas angin biasa, terus tergoda pengen beli ac portable yg bisa diisi air atau es batu gitu. belilah. eh ternyataaaa kurang kepake, mirip2 aja sama kipas angin, dinginnya kurang nampolll, padahal harganya 1,5 juta-an, kan mening ntar sekalian beli ac aja ya. sooo... not recommended. tapi untungnya sekarang2 ini hawa bogor lagi bersahabat banget, jadi di ruang tengah gak perlu pake apa2, tapi kadang kalo perlu, nyalain ac kamar, terus bukain aja pintu kamar, lumayan ikutan "rada" adem ruang tengahnya, hehe...

tenaaang... ntar pas di rumah sendiri, sofa mah beli lagi aja yg warna biru sesuai selera, ato beli yg model nya custom juga :) . tapi hikmahnya, sofa coklat relatif gak gampang kotor dibanding biru langit ato ijo kiwi kaya anggit :)

aahhh,,, asyik ya belanja, jadi kepengen belanja2 juga :p

desieria said...

hehe gapapa gitgat :)
Soalnya editannya jg ada tambahan jd di approve semua :D

itu jgn2 kemakan iklan ac portablenya git ;p iklan mas2 pegawai toko hihi.

Oiya, bener untung git ngingetin. Kayanya she juga 1300 deh, berarti kalo watnya kegede-an nanti jepret yah x_x

Iya git kemarin ke toko furniture rasanya pengen ini itu pengen semua hehehe...tapi harusnya mikirin dulu yah konsep rumahnya mau kaya apa, jangan she asal beli, e terus ga tau taruh dimana, terus ga nyambung sama tema :)

Aaah ga sabar vermak rumah sendiri kaya gitgat hihi...

Eh lebih ga sabar belanja buat dedek git :)

nggt said...

Ayooookkk,,, kita belanja2 buat dedek. etapi anggt tinggal dikit lagi, tapi tinggal yg mahal2nya. Jadi mesti nabung dulu, hihi... :)

ROTAN KITA said...

Halo mba desi, terinspirasi+terhibur banget baca blognya mba desi. Kalo jaman sekarang kayaknya konsep rumah juga jadi salah-satu perhatian yang cukup diperhitungakn setelah budget ya.. hehe,

kalo mbak berkenan rumah huniannya berkesan natural. bisa lihat di website RotanKita(dot)com. bisa custom sized juga mbak, jadi bisa di-paskan sama ukuran ruangnnya juga. hehe.

 

Our Love Journey Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez