18.5.13

40W2D dan Induksi Mekanik

Posted by desieria at 10:58 PM
Pagi hari tadi jadwal kontrol rutin ke KMC. Begitu masuk ruang praktek dr Ridwan, berhubung udah lewat due date, dikasi lah opsi buat induksi mekanik. Apa ini induksi mekanik? Katanya induksi membran (stripping membran) ato apalah x_x Intinya jari dokter bakalan masuk dan muter2 di dalem buat mancing kontraksi. Huaaa jari dokter masuk lagi. Setelah minggu lalu cek panggul dan agak shock harus ngalamin lagi yeah x_x

Demi mempercepat de bayi lahir aku iya-in deh. Walopun suami sempet nanya yakin apa enggak. Aku meyakinkan diri. Bukan apa-apa suami kasian ngeliat aku yang pas cek dalem aja meringin kesakitan. Gimana ini yah? Jari dokter masuk diputer-puter di dalem Yaiks :(

Kalo menurut info di sini sih induksi mekanik itu:

Teknik Induksi

Ada dua cara yang biasanya dilakukan oleh dokter untuk melalui proses induksi, yaitu kimia dan mekanik. Namun pada dasarnya, kedua cara ini dilakukan untuk mengeluarkan hormon prostaglandin yang berfungsi sebagai zat penyebab otot rahim berkontraksi.Secara kimia, Anda akan diberikan obat-obatan khusus. Ada yang diberikan dengan cara diminum, dimasukkan ke dalam vagina, diinfuskan. Bisanya, tak lama setelah salah satu cara kimia itu dilakukan, Anda akan merasakan datangnya kontraksi. Secara mekanik, biasanya dilakukan dengan sejumlah cara, seperti menggunakan metode stripping, pemasangan balon keteter, (oley chateter) dimulut rahim, serta memecahkan ketuban saat persalinan sedang berlangsung.


Sebelum induksi mekanik ini seperti biasa USG dulu. Alhamdulillah semua baik-baik saja.

- Kepala bayi: masuk panggul
- Berat bayi : 3 kg, good girl :)
- Air ketuban: cukup banyak loooh
- Plasenta : pengapuran sedikit sekali

Jadiiii, kalaupun mau ditunggu sampai 41 week atau tanggal 23 Mei ga apa-apa. Tapi kan udah kadung setuju. Kata dr. Ridwan kemungkinan berhasil induksi mekanik ini 50-50. Kalo sampe tanggal 23 ga kontraksi rutin berarti induksi kimia pake obat ato infus pas nanti 23 Mei. Surat pengantar buat induksi tanggal 23 Mei jam 08 pagi juga udah di tangan.

Terus gimana itu rasanya induksi mekanik?

Sakiiiiiiiiiiit makjang. Lebih sakit kayanya dari cek panggul. Lebih dalem. Tapi berhubung lebih relaks jadi akunya lebih kuat dan ga meringis seperti sebelumnya.

Kata dr. Ridwan abis induksi mekanik ini bakal ada flek dan bener aja loh ada darah2. Akhirnya aku pake pembalut nifas minta ke KMC hehe. Terus posisinya sekarang kata pak dokter aku udah bukaan satu. Mudah2an bisa nambah ya nak sayang, ayo dibantu mamanya sayang :D

Habis induksi mekanik ini aku diminta buat cek CTG. Hoho pertama kalinya nih di CTG. Buat cek detak jantung bayi dan kekuatan kontraksi. Jadi kekuatan kontraksi itu skalanya 0-100 dengan base line 20. Kalo di bawah 20 dianggap ga ada kontraksi. Di atas 20 berarti ada kontraksi. Makin angkanya besar berarti kekuatan kontraksinya makin besar.

CTG ini kan 30 menit aja yah. Ya bete juga nungguin. Bumil malah foto2 haha....Hasil CTG Alhamdulillah detah jantung de bayi normal sekitar 140-160. Kalo detak jantung di bawah 120 berarti aliran oksigen kurang dan ga baik buat bayi. Kalo di atas 160 bisa jadi karena bayi aktif bergerak. Hasil CTG juga nunjukin kalooooooooo BELUM ADA KONTRAKSI x_x cuma mulesnya aja haha de bayiiii kamu betah banget sih.




Abis cek mampir melipir tawaf ke pejaten village. Tujuan utamanya mau makan sour sally beli 2 gratis satu promo Indovision halah. Lucunya muleeees banget pas di sini. Ternyata karena nyatu antara mules perut sama makan bebek sambal ijo x_x Begitu di rumah juga muleeees banget. Tenyata gara2 mules kontraksi dan kebanyakan makan sour sally x_x

Eniwei postingannya dibuat sambil menahan meringis sakit kontraksi nih. Moga-moga aja malam ini bisa ke RS dan ada kontraksi rutin dan bukaan nambah. Aamiin YRA.

Mohon doanya ya teman-teman, tannte-tannte semua :D

11 comments:

nggt said...

mamaa sheeee,,, uwoww, sambil nahan kontraksi ya bikin postingan ini?
sing lancarrrr, selamettt, sehat semuanya yaaaa.
peluuuukkkkk :)

*apa ini komen di pagi buta*
* balada busui yg mau meres asi tapi malah ngenet dulu*

desieria said...

Ateu giiiit iya smlm udh bukaan 1 abis induksi mekanik :-) bikin postingan takut .ga sempet :-) skrg neng cantik udah lahir Ateu kecup dr dede buat Ateu sm ka shanum :-)

nggt said...

waaaaahhh, alhamdulillahirabbil'alamin :D
ikut seneng, ikut bahagiaaaaa.....

ditunggu kabar2i dan cerita2 nya,
mau liat fotonya :)

besinikel said...

MAAAKK! Ditunggu cerita lahirannya.. Must be awesome hihihi

eniwei, selamat begadang :)))

UCHIE said...

POTOOOOOO.....POTOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO :) :)

Ahn Nha said...

Alhamdulillah.....

Akhirnya si debay yg dinanti2 lahir juga...*kyknya bebek sambel ijo+sour sally bagus bwt memacu kontraksi,haha..*

Smoga jd anak soleha,sehat slalu..emaknya cepet pulih & ASI lancarrr...aamiin.... *ketjup syg dr anteana bwt kk' & antedes...*

desieria said...

Nggit: ya Ateu git nanti cerita lahirannya dposting di ini sini, fotonya segera Di upload :-)

Feni : haha RUAR BIASA ya perjuangan jadi ibu.nanti crt pasti kutulis biar .si bocah nanti udh gede baca perjuangan emaknya.

Uchie : sip mak nanti kung upload ...

Ana : jangaaaaaaan nanti ku crt knp jgn mkn sour sally x_x makasi Ateu ana doanya kecup buat dede buat di upload perut jg :*

Sharleen said...

Mantappppp... masih sempet bales comment. Xixixi :p

Alhamdulillah selamat ya Desiiiii,,, kisskisskisss.... Cepat pulih, lancar ASInya.. Muach!

.: diah :. said...

weeew, sambil menahan sakit masih juga posting, rajiiin bangett nih, hehehh.

anyway, selamat yah jenk debayinya dah lahir, moga dedek bayi sehat selalu, jadi anak sholehah, Amin :)

deviii... said...

Selamat ya desi...
semoga dede bayinya jd anak yg sholehah..
amiiin...

@ ana : kamuu apa kbr???

desieria said...

@Lira: haha Alhamdulillah normal jadi pas di RS masi sempet bales komen :) makasih ateu Lira, Aamiin YRA, kiss juga buat dedek di perut yah smg nanti lancar dan sehat smp melahirkan :*

@Diah: hahaha daripada nangis kesakitan say :p Aamiin YRA, makasih ateu diah..

@deviii: Aamiin YRA, makasih ateu deviii, semoga ateu deviii segera dapet rezeki dede jg yah Aamiin YRA...

 

Our Love Journey Copyright © 2009 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez